15 Apr 2012

Al Quran Lebih Utama dari Dzikir dan Doa

Saudaraku, Al Quran adalah kalamulloh, di setiap lantunan ayatnya membawa berkah, di setiap suku katanya menyimpan hikmah,,di segala sisinya adalah mukjizat. Hanyalah Al Quran satu satunya bacaan yang menggetarkan hati, menenangkan jiwa, mengobati penyakit dalam hati serta menjadi penawar sesaknya dada saat dirundung gundah dan gulana.

Saat kita meminta petunjuk jalan yang lurus, ihdinashirotolustaqiim, di dalam doa alfatehah yang kita panjatkan setiap solat, Alloh langsung menjawab permintaan itu dengan berfirman :

Alim lam mimm,, dzalikal kitabula roibafiih, hudallilmuttaqiin.

Alim lam miim, ini adalah kitab , yang tiada keraguan di dalamnya, petunjuk untuk orang yang bertaqwa…yaitu org yang beriman pada yg ghoib, dan yg mendirikan sholat,dan yg menafkahkan sebagian dari apa yang dimilikinya,….

Demikianlah, Al Quran lah jalan hidup yang Alloh berikan, Al Quran adalah jawaban doa kita setiap solat itu, Al Quran pasti membawa kita ke pada shirotolmustaqim, jalan kebahagiaan yang di ridhoiNya.

Selain itu, Al Quran juga lebih utama dari segala dzikir dan doa. Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah menjelaskan “ Jenis membaca Al Quran lebih utama dari pada jenis zikir. Jenis Dzikir lebih utama dari pada jenis doa. Sebagaimana Sabda Nabi SAW :’ Perkataan yang paling utama setelah Al Quran ada empat macam, yaitu; Subhanalloh, Alhamdulillah, Lailahaillalloh, dan Allohu akbar”(HR.Muslim)

Dari Abi Sa’id Al Khudri r.a , dia berkata : “Telah bersabda Rosululloh SAW, Alloh yang maha suci dan maha tinggi berfirman :” Barang siapa yang disibukkan oleh Al Quran dari berdzikir kepada Ku dan meminta kepada Ku, maka aku akan memberikan kepadanya pemberian yang lebih utama yang pernah diberikan kepada orang orang yang meminta sesuatu kepada Alloh ta’ala. Alloh berfirman dan keutamaan perkataan Alloh(Al Quran) terhadap segala perkataan, adalah seperti keutamaan Alloh melebihi seluruh makhluknya. (HR Tiirmidzi) –Hadits Hasan-

Keutamaan Al Quran dari bacaan dzikir lain adalah ijma’ ulama. Imam Nawawi berkata “ Ketahuilah, madzab yang benar dan terpilih yang dipegangi oleh para ulama adalah bahwa membaca Al Quran lebih utama dari pada tasbih dan tahlil serta dzikir dzikir selainnya, dan terdapat banyak dalil yang menguatkan pendapat tersebut.”

Begitulah, saudaraku,,mari bersama sama kembali pada Al Quran.


Allohummarkhamna bil Quran,,wajal hulana imaman, wa nuuron, wa hudan, wa rohmah.
Allohumma Dzakirna minhuma nusina,Wa ‘alimna minhuma jahilna,
Warzuqna tilawatahu anna allail wa athrof annahar… Amiin.

Barokallohufikum

Wassalamualaikum Warohmatulloh Wabarokatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Referensi Untuk Check Ayat Al-Quran