7 Mar 2011

Alloh Sungguh Maha Penyayang

Saudaraku, Tidak ada sedikit pun keraguan bahwa Alloh pasti menyayangi makhluk makhluknya. Secara logika pun, tidak mungkin Alloh menciptakan sesuatu kemudian Dia tidak peduli dengan ciptaaanNya. Tidak mungkin.
Setiap hari aku membaca surat alfatehah, selalu kubaca ayat; Arrohmanirohim, tapi baru kemarin ada sebuah hadits yang isinya sunngguh membuka hatiku. Dalam hadits itu digambarkan bahwa Alloh menyayangi kita lebih dari seorang ibu yang menyayangi anaknya.


Aku ingat waktu telpon ibuku, Subhanalloh,. Semua kata katanya penuh cinta. Pertanyaan pertanyaannya penuh kasih sayang. Sudah makan belum, pakai apa, cepet bubuk saja kalau capek, sekali kali olahraga, yang dirumah sehat semua jadi gak usah jadi pikiran... Ya alloh,, Aku sungguh takjub dengan ibuku, seorang ibu yang luar biasa penyayang. Aku sungguh sangat merasakan semua kasih sayangnya.


Saudaraku, Aku yakin, kita semua merasakan kasih sayang ibu kita yang luar biasa itu. Kita semua pasti bisa merasakan betapa ibu kita sangat sayang kepada kita.


Tapi Alloh?? Sadarkah kita bahwa Alloh sangat mencintai kita? Sadarkah kita bahwa Alloh sangat menyayangi kita? Yakinkah kita bahwa Dia juga menyayangi makhluk makluknya penuh perhatian dan cinta. Jika pun kita sadar, Apakah kita bisa merasakannya? Apakah kita merasakan bahwa semua yang saat ini kita miliki adalah kasih sayang Alloh kepada kita? Apakah kita bisa merasakan bahwa cobaan cobaan yang saat ini kita hadapi adalah kasih sayang Alloh kepada kita?


Alloh sungguh maha dekat pertolongan dan maha besar kasih sayangnya. Dia yang maha tahu apa yang terbaik untuk kita, dan dengan kasih sayang Nya, Dia pasti memberikan yang terbaik untuk kita. Meski pun kita selalu bermaksiat kepadaNya, meskipun kita sering Alpa dan lupa kewajiban kita. Meskipun untuk baca Al Quran saja kita malas. Meskipun untuk sholat tepat waktu kita enggan. Meskipun kita hanya pintar meminta dan berdoa dan kita tak pandai bersyukur atau beribadah. Tapi Alloh tetap mengawasi kita, Alloh tetap membaca hati kita hingga penjagaan Alloh tetap disamping kita, Alloh tak pernah mengurangi jatah rizki kita, kita tetap bebas bernafas, kita bisa kerja, tiap bulan menerima gaji, setiap hari kita bisa memilih makan di mana,,kasih sayang Alloh mana lagi yang akan kita lupakan??


Saudaraku, Alloh maha dekat, Dia selalu disamping kita, mengawasi dan menjaga kita. Dengan kasih sayanNya, Alloh sungguh tak akan membiarkan kita salah jalan, Alloh selalu ingin menyelamatkan kita dari kelalaian, dari kemaksiatan, dari kerugian. Alloh sungguh tak ingin kita masuk neraka.. Karenanya Alloh memberi kita Kitab Al Quran sebagai petunjuk untuk menjadi pedoman. Tapi kita tak sempat membacanya dengan banyak alasan yang tidak bermutu; malas, ngantuk, capek kerja, nonton film, nge game. Tidakkah kita malu jika nanti di akherat jawaban itu disaksikan semua makluk bumi dan langit. Tapi mengapa kita selalu seperti ini? Jawabannya karena kita tak pandai menghargai kasih sayang Alloh kepada kita.


Saudaraku, sungguh Alloh ingin kita masuk surga. Karena itulah Alloh memberi kita hati nurani yang berteriak teriak mengingatkan kita saat kita akan melakukan kesalahan. Tapi kita sendiri kenapa sering memilih melakukan kemaksiatan? Kenapa kita sendiri sering memilih hal hal yang sia sia?. Jawabannya adalah karena kita tak pandai menghargai kasih sayang dan cintaNya.

Saat ini aku sangat sadar, kebahagiaanku selama ini karena aku memiliki orang orang yang aku sayangi dan aku cintai sepenuh cinta dan kasih sayang. Aku memiliki orang orang yang kala dekat ku tatap mereka dengan kasih sayang, yang kala jauh kusapa mereka dengan doa doa. Aku yakin kebahagiaan itu akan sempurna seandainya saja aku bisa mencintai Alloh dengan ikhlas. Karena di situlah tempat kebahagiaanku, bukan dalam kemewahan dunia, bukan dalam makan yang enak atau dari penghasilan yang besar.


Saudaraku, Tapi tidak hanya itu yang penting. Mulai sekarang, marilah kita hargailah kasih sayang yang kita terima. Terutama kasih sayang dari Alloh dan juga kasih sayang dari orang orang disekitar kita, dari orang tua kita, kluarga kita, suami atau istri kita, kakak kakak dan adik adik kita, sahabat sahabat kita, ustadz ustadz kita, ulama ulama kita dll. Marilah kita hargai meskipun terkadang kita tak cukup pandai merasakan kasih sayang yang besar dari mereka.


Mulai sekarang mari kita yakini, bahwa dalam kehidupan kita sebagai seorang mukmin, tak akan pernah sepi dari orang orang yang menyayangi dan mencintai kita. Bukankah setiap hari, tak terhitung berapa juta orang yang berdoa untuk keselamatan dan kebahagiaan orang mukmin diseluruh dunia. Jadi, marilah kita biasakan membalas do’a do’a itu dengan doa yang sama untuk mereka setiap hari. Allohumagfir lil muslimin wal muslimat, mukminin wal mukminat... dengan begitu, kita sungguh sungguh menjadi umat yang saling menyayangi dan mencintai. Dan hanya dengan kasih sayang Allohlah, semua itu terjadi. Karena Alloh ingin agar kita dan kaum muslimin semuanya dipersatukan dalam satu jamaah untuk masuk surga bersama sama.

Dan semoga, di akherat nanti, kita menjadi bagian dalam jamaah itu. Amiin.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Referensi Untuk Check Ayat Al-Quran